Struktur pasar: pada prinsipnya berarti mengelompokan produsen/perusahaan yang terdapat didalam industri kedalam beberapa bentuk pasar berdasarkan :
1. Jenis barang yang dihasilkan.
2. Banyaknya/jumlah perusahaan dalam industri
3. Mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
4. Peranan iklan dalam kegiatan industri (pasar).
Berdasarkan kriteria tersebut, dalam analisa ekonomi struktur pasar dibedakan menjadi 4 (empat) :
1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition).
2. Pasar monopoli(monopoly)
3. Pasar persaingan monopolistik (persaingan tidak sempurna)
4. Pasar oligopoli(oligopoly)
Ciri-ciri atau karakteristik dari pasar persaingan sempurna adalah :
1. Perusahaan adalah pengambil harga(Price Taker)
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.
2. Hambatan Untuk Masuk Pasar Bagi Suatu Perusahaan Sangat Rendah.
Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri/pasar tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan.
3. Menghasilkan Barang Serupa(Identical Product)
Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Barang tersebut dinamakan dengan istilah barang identical atau homogenous.
4. Terdapat Banyak Perusahaan di Pasar.
Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga.
5. Pembeli Mempunyai Informasi yang sempurna Tentang Keadaan Pasar.
Dalam pasar persaingan sempurna juga diasumsikan bahwa setiap konsumen mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan dipasar, yaitu mereka mengetahui tingkat harga barang yang berlaku dipasar.Sehingg apabila ada suatu perusahaan(produsen) yang menaikan haraga barang yang dijualnya pasti akan ditinggalkan oleh konsumen, karena harga barang tersebut lebih mahal dari harga yang berlaku dipasar. Akibatnya tidak ada produsen yang menjual barangnya diatas harga pasar, jika ia tidak mau ditinggalkan oleh konsumennya.
Adapun ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut :
1. Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan.
2. Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip.
3. Hambatan Untuk Masuk ke dalam Industri yang sangat tangguh.
4. Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga.
5. Promosi Iklan Kurang Diperlukan.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis adalah seperti yang diuraikan di bawah ini.
1. Terdapat Banyak Penjual.
2. Ruangnya Bersifat Berbeda Corak.
3. Mempunyai Sedikit Kekuasaan Mempengaruhi Harga.
4. Hambatan Masuk kedalam Industri Relatif Mudah.
5. Persaingan Mempromosi Penjualan Sangat Aktif.
Ciri-ciri pasar persaingan Oligopoli adalah :
1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
2. Kuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tagguh.
3. Pada umumnya Perusahaan Oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan.
Sumber :
Pengantar mikroekonomi Struktur pasar oleh Sahibul Munir-fak.ekonomi univ.mercubuana.
1. Jenis barang yang dihasilkan.
2. Banyaknya/jumlah perusahaan dalam industri
3. Mudah tidaknya keluar masuk dalam industri
4. Peranan iklan dalam kegiatan industri (pasar).
Berdasarkan kriteria tersebut, dalam analisa ekonomi struktur pasar dibedakan menjadi 4 (empat) :
1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition).
2. Pasar monopoli(monopoly)
3. Pasar persaingan monopolistik (persaingan tidak sempurna)
4. Pasar oligopoli(oligopoly)
- Pasar Persaingan Sempurna.
Ciri-ciri atau karakteristik dari pasar persaingan sempurna adalah :
1. Perusahaan adalah pengambil harga(Price Taker)
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar.
2. Hambatan Untuk Masuk Pasar Bagi Suatu Perusahaan Sangat Rendah.
Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri/pasar tersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan.
3. Menghasilkan Barang Serupa(Identical Product)
Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan. Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Barang tersebut dinamakan dengan istilah barang identical atau homogenous.
4. Terdapat Banyak Perusahaan di Pasar.
Sifat inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga.
5. Pembeli Mempunyai Informasi yang sempurna Tentang Keadaan Pasar.
Dalam pasar persaingan sempurna juga diasumsikan bahwa setiap konsumen mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan dipasar, yaitu mereka mengetahui tingkat harga barang yang berlaku dipasar.Sehingg apabila ada suatu perusahaan(produsen) yang menaikan haraga barang yang dijualnya pasti akan ditinggalkan oleh konsumen, karena harga barang tersebut lebih mahal dari harga yang berlaku dipasar. Akibatnya tidak ada produsen yang menjual barangnya diatas harga pasar, jika ia tidak mau ditinggalkan oleh konsumennya.
- Pasar Monopoli.
Adapun ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut :
1. Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan.
2. Tidak Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip.
3. Hambatan Untuk Masuk ke dalam Industri yang sangat tangguh.
4. Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga.
5. Promosi Iklan Kurang Diperlukan.
- Pasar Persaingan Monopolistik.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistis adalah seperti yang diuraikan di bawah ini.
1. Terdapat Banyak Penjual.
2. Ruangnya Bersifat Berbeda Corak.
3. Mempunyai Sedikit Kekuasaan Mempengaruhi Harga.
4. Hambatan Masuk kedalam Industri Relatif Mudah.
5. Persaingan Mempromosi Penjualan Sangat Aktif.
- Pasar Oligopoli.
Ciri-ciri pasar persaingan Oligopoli adalah :
1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
2. Kuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tagguh.
3. Pada umumnya Perusahaan Oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan.
Sumber :
Pengantar mikroekonomi Struktur pasar oleh Sahibul Munir-fak.ekonomi univ.mercubuana.
0 komentar:
Posting Komentar