Teknologi informasi
yang saat ini sudah memberikan perubahan pada strategi dibidang bisnis. Jika
dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana
sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk dan atau
jasanya secara lebih murah, lebih baik, mudah dan lebih cepat dibandingkan
dengan pesaing bisnisnya.
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) keberadaan
mesin ini sudah menjadi kebutuhan tiap orang, tentu pengguna ATM sudah tak asing
dengan ATM bersama. Dengan kemudahan yang disediakan, layanan ini semakin berkembang.
Siapakah pengembang utama dari layanan ini? Adalah Artajasa At
A Glance Keberadaan ARTAJASA diawali ketika LINTASARTA, induk perusahaannya,
mulai menyediakan jasa pelaporan bank secara elektronis pada tahun 1988.
Langkah ini telah membawa perusahaan meraih sukses di tahun 1990 sebagai
pengembang ATM Bersama yang merupakan shared ATM network pertama di Indonesia.
Keberhasilan ini diikuti dengan pengembangan Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU)
Bank Indonesia pada tahun 1993 dan penyedia sistem pembayaran online bagi
perusahaan penyedia jasa telekomunikasi pada tahun 1997. Langkah sukses
selanjutnya adalah mengembangkan LINK, shared ATM network untuk Himpunan Bank
Negara (HIMBARA). Beragam keberhasilan tersebut telah mendorong LINTASARTA
untuk lebih fokus dengan mendirikan PT ARTAJASA Pembayaran Elektronis (ARTAJASA)
pada tanggal 10 Februari 2000. Selanjutnya pada tahun 2002, ARTAJASA melakukan
terobosan dengan menjadi Penyelenggara Jasa Kliring untuk Transaksi Ritel di
Indonesia. Pada tahun 2004, ARTAJASA kembali menjadi perusahaan pertama di
Indonesia yang mengembangkan sistem yang memungkinkan dilakukannya transfer
beda bank lewat ATM secara real-time-online. ARTAJASA dengan dukungan sistem,
infrastruktur dan SDM profesional selalu berupaya untuk meningkatkan
kepercayaan pasar dengan terus mengembangkan produk dan layanan terdepan yang
memberi kemudahan kepada para business partner, demikian kami menyebut para
klien kami dan para pelanggan.
Layanan
yang disediakan oleh ARTAJASA antaralain :
ATM Bersama, Online Payment, Mobile Services, GAPURA merupakan pembangunan jaringan
komunikasi data, yang mana menghubungkan format IT internal mitra bisnis ke
pusat komputer ARTAJASA. Aplikasi antar muka (interfacing) ini disebut GAPURA, Electronic Channel, Remittance mekanismenya
adalah nasabah bank anggota ATM Bersama yang berada di luar negeri menyampaikan
dana yang akan di transfer kepada agen Remittance yang telah bekerjasama dengan
Artajasa, lalu agen Remittance tersebut mengirimkan dana ke rekening bank
anggota ATM Bersama yang berada di dalam negeri. Proses pengiriman pun sangat
singkat. Setelah dana terkirim dari luar negeri, maka saat itu juga dana
tersebut diterima oleh rekening tujuan, tanpa ada potongan.
Daftar Pustaka :
http://www.artajasa.co.id
http://research.amikom.ac.id 2011 Wirawan Arief W
I love Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar