Kamis, 08 Maret 2012


Teknologi informasi yang saat ini sudah memberikan perubahan pada strategi dibidang bisnis. Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) keberadaan mesin ini sudah menjadi kebutuhan tiap orang, tentu pengguna ATM sudah tak asing dengan ATM bersama. Dengan kemudahan yang disediakan, layanan ini semakin berkembang. Siapakah pengembang utama dari layanan ini? Adalah Artajasa At A Glance Keberadaan ARTAJASA diawali ketika LINTASARTA, induk perusahaannya, mulai menyediakan jasa pelaporan bank secara elektronis pada tahun 1988. Langkah ini telah membawa perusahaan meraih sukses di tahun 1990 sebagai pengembang ATM Bersama yang merupakan shared ATM network pertama di Indonesia. Keberhasilan ini diikuti dengan pengembangan Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia pada tahun 1993 dan penyedia sistem pembayaran online bagi perusahaan penyedia jasa telekomunikasi pada tahun 1997. Langkah sukses selanjutnya adalah mengembangkan LINK, shared ATM network untuk Himpunan Bank Negara (HIMBARA). Beragam keberhasilan tersebut telah mendorong LINTASARTA untuk lebih fokus dengan mendirikan PT ARTAJASA Pembayaran Elektronis (ARTAJASA) pada tanggal 10 Februari 2000. Selanjutnya pada tahun 2002, ARTAJASA melakukan terobosan dengan menjadi Penyelenggara Jasa Kliring untuk Transaksi Ritel di Indonesia. Pada tahun 2004, ARTAJASA kembali menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mengembangkan sistem yang memungkinkan dilakukannya transfer beda bank lewat ATM secara real-time-online. ARTAJASA dengan dukungan sistem, infrastruktur dan SDM profesional selalu berupaya untuk meningkatkan kepercayaan pasar dengan terus mengembangkan produk dan layanan terdepan yang memberi kemudahan kepada para business partner, demikian kami menyebut para klien kami dan para pelanggan.

Layanan yang disediakan oleh ARTAJASA antaralain :
ATM Bersama, Online Payment, Mobile Services, GAPURA merupakan pembangunan jaringan komunikasi data, yang mana menghubungkan format IT internal mitra bisnis ke pusat komputer ARTAJASA. Aplikasi antar muka (interfacing) ini disebut GAPURA, Electronic Channel, Remittance mekanismenya adalah nasabah bank anggota ATM Bersama yang berada di luar negeri menyampaikan dana yang akan di transfer kepada agen Remittance yang telah bekerjasama dengan Artajasa, lalu agen Remittance tersebut mengirimkan dana ke rekening bank anggota ATM Bersama yang berada di dalam negeri. Proses pengiriman pun sangat singkat. Setelah dana terkirim dari luar negeri, maka saat itu juga dana tersebut diterima oleh rekening tujuan, tanpa ada potongan.

Daftar Pustaka :
http://www.artajasa.co.id
http://research.amikom.ac.id 2011 Wirawan Arief W



I love Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
 
Template designed using TrixTGTema: Diretoria, Criado Por: ririn